Senin, 27 Februari 2012

Teman yg Baik

SEKOALH adalah tempat kita bertemu dengan banyak jenis orang. Karenanya, menemukan teman yang baik dan cocok dengan kita pun enggak segampang kelihatannya. Jika salah pilih, kita malah terjebak dengan teman yang berpengaruh buruk terhadap kehidupan kita.

Ada enggak sih panduan menemukan teman yang baik? Yuk simak daftarnya seperti dilansir College Times, Minggu, (22/1/2012).

Kerendahan hati


Mungkin kriteria paling penting untuk dicari pada diri seorang teman adalah kemampuan mereka untuk berkata, "Saya minta maaf", ketika mereka menyakiti kita. Sebab, tidak ada persahabatan yang mampu bertahan tanpa permintaan maaf ketika salah seorang tersakiti.

Tanpa kerendahan hati, hubungan pertemanan akan dengan cepat berubah menjadi pahit dan penuh persaingan. Seiring dengan permintaan maaf, penting juga mengetahui bahwa temanmu suatu saat bersedia memberi maaf atas semua kesalahanmu.

Kedermawanan

Teman yang paling sederhana sekali pun akan tampak menyebalkan jika mereka super pelit dengan waktu atau uang mereka. Atau sebaliknya, terus menerus memanfaatkanmu.

Dapat diandalkan


Kamu merasakan benar-benar memiliki seorang teman ketika mereka selalu ada untukmu. Untuk sekadar menjadi pendengar cerita-ceritamu, menemanimu di saat sakit, atau menjemputmu ketika kamu terlambat pulang dari sebuah rapat.

Teman yang menggosipkanmu dengan orang lain, atau mereka yang sering membatalkan janjimu untuk pergi dengan orang lain, tidaklah bisa dipercaya.

Peduli

Teman yang benar-benar peduli adalah mereka yang selalu ada dalam saat suka maupun duka. Mereka yang menunjukkan bahwa mereka mendengarkan setiap cerita kita dan ingin memahami apa yang kita rasakan. Mereka yang melakukan hal-hal kecil untuk menunjukkan kepedulian, seperti selalu ingat hari ulang tahunmu.

Selera humor

Memiliki teman yang bisa melihat sisi lucu dari sebuah kejadian akan sangat menyenangkan. Artinya, dia tidak akan mudah tersinggung dengan apa yang kita katakan atau lakukan. Tapi ini bukan berarti kamu bisa semena-mena mengatakan atau melakukan sesuatu ya!

Kesamaan nilai

Memang hampir mustahil bertemu teman yang menganut nilai yang sama persis dengan kita. Tapi, memiliki teman dekat yang berbagi pikiran sama tentang banyak hal dengan kita akan membuat pertemanan kita menjadi sebuah anugerah.

Kesamaan minat

Kamu mungkin tidak akan menikahi temanmu. Tetapi hubungan pertemanan cenderung berjalan lebih baik jika kita memiliki minat yang sama.

Meski begitu, bukan berarti kita harus menyukai apa yang disukai si teman. Banyak juga kok pertemanan yang terjalin antara dua orang dengan minat berbeda.

Fleksibilitas
Memiliki teman yang bepikiran terbuka selalu berharga. Dengannya, kita bisa saling menerima perbedaan pendapat atas suatu masalah. Hal ini tidak hanya membuat percakapan kita menjadi jauh lebih menarik, tetapi juga mengembangkan pertemanan kita. 

Rasa hormat

Faktor ini termasuk cara seorang teman peduli dan menjaga reputasimu, bahkan ketika kamu tidak peduli. Teman dengan rasa hormat adalah mereka yang mendorongmu untuk tidak menyerah atau merasa buruk tentang diri sendiri. Mereka juga tidak berkata bahwa mereka lebih baik darimu, meski mungkin demikian adanya. Dan teman yang menghormatimu adalah mereka yang tidak menghakimimu ketika mereka menilaimu.

Menyenangkan

Apa gunanya seorang teman jika kamu tidak menikmati kebersamaan dengannya? Seorang teman mungkin memiliki banyak kualitas dan karakteristik di atas, tapi itu tidak akan berarti ketika kalian tidak pernah bersenang-senang bersama. Sebab, ketika bersenang-senang bersama temanlah kita mengukir kenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar